akmal multimedia di tokobagus.com

Monday, March 5, 2012

Alat Deteksi Uang Palsu Portable


Anda pernah mendapatkan uang palsu? jika hal ini terjadi, pasti membuat Anda jengkel, marah atau merasa tertipu. Kalau jarang menerima uang mungkin kita tidak terlalu merugi, tetapi kalau Anda punya toko, bekerja sebagai kasir, atau sering menerima uang cash, maka ini adalah bencana.

Dengan semakin maraknya peredaran uang palsu, nampaknya Anda harus mulai waspada dan melakukan pencegahan atau penangkalnya sebelum Anda benar-benar mendapatkan uang palsu. Mungkin sudah mengetahui dan mendengar sebuah cara membedakan uang palsu, yaitu dilihat, diraba, dan diterawang.

1. Dilihat
Lihatlah uang yang anda miliki, apakah warnanya pudar, kusam, pucat, luntur, patah-patah, atau masalah lainnya. Pastikan uang tadi memiliki warna, corak dan gambar yang baik serta memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut. Uang-uang pecahan besar biasanya memiliki tanda keaslian lain seperti corak gambar dengan warna mencolok dan sulit ditiru penjahat. Pastikan uang itu benar-benar asli.

2. Diraba
Usaplah uang tersebut apakah uang itu terasa kasar atau lembut. Uang asli biasanya agak kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap. Rabalah uang anda apakah sudah asli atau belum.

3. Diterawang / Ditrawang
Langkah terakhir adalah menerawangkannya ke sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak. Namun ternyata cara konvensional tersebut tidak selalu efektif. Dalam beberapa kasus semacam ini, cara tersebut sudah diterapkan tetapi masih saja ada yang kecolongan. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, sangat memungkinkan bagi pelaku pemalsu uang untuk membuat uang palsu tersebut semirip mungkin dengan yang asli bahkan mereka sudah bisa membuat tanda air dengan tekstur mirip dengan uang asli.

Bagaimana solusinya? jawabannya adalah detektor uang palsu. Money detector atau alat pendeteksi uang palsu adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi uang palsu. Bagi beberapa orang mungkin alat ini sudah tidak asing lagi, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga keuangan pasti sudah memiliki alat ini. Namun saat ini pengguna money detector sudah mulai merambah ke industri kecil, industri rumahan, toko atau bahkan perseorangan.

Alat ini bekerja untuk memeriksa apakah secarik uang itu asli atau palsu. Anda bisa menggunakan alat yang memendarkan sinar ultra violet untuk menentukan itu asli atau palsu. Yang anda butuhkan hanyalah menyalakan alat tersebut dan mendekatkan bagian tertentu dengan uang yang diperiksa. Uang asli akan menampilkan sesuatu yang memendar cahaya. Jadi alat ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan banyak waktu.

0 komentar:

Post a Comment

Selamat Datang, Komentarnya mana ?

Site Search